Simak Tips Aman Menggunakan Mobile Banking Berikut Ini

Kompas.com - 03/06/2019, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank BCA menganjurkan agar nasabah  lebih berhati-hati dalam bertransaksi dengan mobile banking selama libur Lebaran.

Sebab, operasional kantor cabang yang bisa melayanani nasabah cenderung terbatas selama lebaran. 

“Kesibukan dan aktivitas merayakan lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda,” ujar Senior Vice President Corporate Communication BCA Dwi Narini, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (3/6/2019).

Baca: Layanan Mobile Banking Berbasis SMS Masih Diminati

Berikut tips bertransaksi menggunakan m-banking secara aman:.

1.Pastikan unduh m-banking dari akun resmi

Nasabah bisa mengunduh aplikasi m-banking melalui Google Play Store (jika smartphone Anda Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone Anda IOS). Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi m-banking dari akun resmi bank yang bersangkutan.

2. Gunakan jaringan internet yang aman

Hindari menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui m-banking. Saat mengakses m-banking, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya. Jadi kerahasiaan data Anda aman terlindungi.

3. Saat transaksi m-banking, perhatikan hal-hal ini

Saat menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi perbankan lewat m-banking, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal ini: jaga kerahasiaan kode akses, jaga kerahasiaan PIN m-banking sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan sudah logout log out dari aplikasi saat selesai menggunakan m-banking.

4. Perketat kewaspadaan keamanan 

Disarankan untuk mengganti kode a kses dan PIN m-banking secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain. Periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.