Menteri PUPR: Infrastruktur Dapat Kritikan, Tapi Kini Bermanfaat

Kompas.com - 05/06/2019, 19:08 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan keterangan di sela-sela menghadiri open house Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Rabu (5/6/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan keterangan di sela-sela menghadiri open house Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Rabu (5/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono, bersyukur apa yang selama ini dikerjakan sudah bermanfaat bagi masyarakat banyak. Ini khususnya pembangunan infrastruktur berupa jalan tol dan lainnya.

"Alhamdulillah, apa yang sudah kita kerjakan yang dahulu (dapat) kritikan (sekarang) sudah banyak manfaat," kata Basuki di Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Basuki menuturkan, salah satu manfaat ini terlihat dari kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. Pasalnya, kini sudah banyak warga yang menggunakan modal transportasi darat menyusul kehadiran jalan tol dan perbaikan sejumlah infrastruktur lain.

Baca juga: Arus Mudik Selesai, Angka Kecelakaan Turun 88 Persen

"Di laporan kecelakaan sudah menurun, karena pemotor sudah berkurang, one way sudah diterapkan prasarana juga sudah cukup," ujarnya.

Menurutnya, selain kehadiran jalan tol dan perbaikan sejumlah infrastruktur, kelancaran arus mudik tahun ini juga terwujud.

"Saat ini hanya Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) dan Pak Polisi yang bekerja," cetusnya.

Kendati demikian, Basuki juga menyadari masih ada sejumlah kekurangan fasilitas yang perlu dibenahi ke depannya. Misalnya seperti minimnya rest area di sejumlah ruas Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Mudik Lancar, Warganet: Kemacetan Itu Tradisi, Kok Dihilangkan?

Persoalan ini harus perlu diperhatikan dan dicermati sehingga pengguna jalan  tol, khususnya pada arus balik nanti bisa lebih aman dan lancar.

"Sebagai contoh rest area. Jadi saya memperbanyak sanitasi air yang temporary," jelasnya.

Sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi, menyampaikan arus mudik Lebaran 2019 berlangsung aman dan lancar. Tidak ada kendala berarti terlihat selama masa Angkutan Lebaran (Angleb) beberapa hari yang telah ditentukan.

"Satu hal yang menggembeirkan bahwa ada seuatu data yang muncul yaitu angka kecelakaan menurun drastis dari Kakorlantas Polri turun 50 persen dibandingkan tahun lalu," kata Budi dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X