Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Basuki: H-7, Infrastruktur Sudah Siap Semua

Kompas.com - 29/05/2019, 16:07 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NAGREG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya mempersiapkan segala infrastruktur penunjang mudik 2019. Termasuk kesiapan jalan tol dan jalan nasional atau arteri.

"Infrastruktur sudah kita siapkan semua. Jalan nasional kita sudah siap," kata Basuki seusai meninjau Posko Pelayanan Cikaledong, Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019).

Basuki menyebutkan, untuk mewujudkan mudik aman dan lancar setidaknya ada tiga aspek yang harus dipenuhi dan diperhatikan. Jika sudah terwujud makan arus lalu lintas baik mudik dan arus balik akan terkendali dengan baik.

"Faktor kesiapan infrastruktur, manajemen lalu lintas, dan prilaku (pengendara/pemudik). Kalau tiga ini dilakukan pasti lancar dan nyaman," sebutnya.

Baca juga: Empat Menteri Cek Kesiapan Jalur Mudik di Nagreg

Menteri PUPR pun menyatakan dan menjamin bahwa infrastruktur untuk penunjang mudik Lebaran 2019 ini sudah sangat siap. Selain jalan, pihaknya bersama intansi terkait juga sudah mempersiapkan segala keperluan pemudik, termasuk posko-posko istirahat atau rest area.

"Infrastruktur saya jamin siap, di posko dimana harus berhenti, kapan harus berhenti semua diatur dari sini. Semua sudah ada simulaainya," pungkasnya.

Hari ini, Basuki bersama tiga menteri kabinet kerja lain melakukan peninjauan kesiapan jalur mudik di Jawa Barat. Ia didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Nilla Moeloek, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Baca juga: Ingin Mudik Lancar, Simak 7 Tips dari Polri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com