Ingin Mudik Lancar, Simak 7 Tips dari Polri

Kompas.com - 29/05/2019, 10:08 WIB
Ilustrasi mudik dengan MPV SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik dengan MPV

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik sudah menjadi keharusan bagi masyarakat setiap tahun agar bisa berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Akan tetapi, sebagian orang abai dan tidak mempersiapkan perjalanan mudiknya dengan baik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, pada Selasa (28/5/2019) mengatakan, sebaiknya para pemudik sudah merencanakan perjalanan mudiknya sebelum berangkat. Ini akan sangat membantu dan memberikan gambaran riil kondisi rute perjalanan.

Baca juga: H-3 Lebaran Jadi Titik Fokus Korlantas Polri saat Arus Mudik 2019

Kompas.com merangkum 7 tips bagi Anda supaya mudik bersama keluarga aman, lancar, dan tanpa kendala apapun. 

1. Rencanakan perjalanan

Siapapun yang mudik, balik, dan menggunakan jalan baik ruas tol maupun non tol, rencanakan perjalan dengan baik. Dengan merencanakan perjalanan, kita akan tahu betul berapa jarak tempuh dan berapa waktu tempuh, serta kemungkinan hambatan di jalan.

2. Kondisi harus sehat

Siapkan dan pastikan kesehatan dan kondisi prima baik pengemudi, maupun penumpang. Siapa pun yang ikut dalam rombongan atau kendaraan itu.

3. Cek kesehatan kendaraan

Kemudian, siapkan juga kendaraan dengan baik. Salah manakala orangnya sehat tapi kendaraannya tidak sehat. Ini harus menjadi perhatian dan harus lengkap dengan peralatannya serta kelengkapan-kelengkapan dokumennya. 

Baca juga: Simak 5 Tips Mudik Nyaman Naik Angkutan Umum

4. Isi bahan bakar penuh

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X