KILAS

Bawa Bantuan Rp 10 Miliar, Mentan Ingin Pertanian di Sulsel Bangkit Kembali

Kompas.com - 15/06/2019, 19:51 WIB
Mentan serahkan langsung bantuan kepada korban banjir di SulselHumas Kementerian Pertanian Mentan serahkan langsung bantuan kepada korban banjir di Sulsel

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan senilai Rp 10 miliar untuk membangkitkan kembali sektor pertanian yang terkena dampak bencana banjir di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian ( Mentan), Andi Amran, di Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (15/6/2019).

"Kami membawa bantuan berupa alat mesin pertanian (pompa air, traktor dan ekskavator), benih tanaman (padi, jagung dan pupuk) ayam ternak dan sembako," ujar Amran sesuai dengan rilis yang Kompas.com terima.

Perihal bantuan tersebut, Amran menjelaskan bahwa bantuan ini berasal dari penggalangan dana dari internal karyawan Kementan dan mitra terkait.

Baca jugaPasca Banjir Bandang, Mentan Jamin Pulihkan Pertanian dan Peternakan di Konawe Utara

"Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman dan mitra yang telah konsisten membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana," lanjut Amran.

Amran menjelaskan, jika penanganan banjir harus dilakukan secara cepat mengingat Sulsel merupakan salah satu daerah lumbung pangan Indonesia.

"Lahan pertanian yang sudah diasuransikan akan diberikan ganti rugi 100 persen. Bagi yang belum, akan diberikan bantuan benih dan pupuk," terang Amran.

Sebagai informasi, akibat banjir bandang yang menimpa Sulsel sektor pertanian di tujuh Kabupaten menerima dampaknya. Akibatnya petani setempat harus merugi karena mengalami gagal panen.

Baca jugaStok Beras Aman, Mentan Minta Masyarakat Sultra Tenang Pasca Bencana di Konawe Utara

Ada pun ketujuh Kabupaten yang dimaksud adalah Soppeng, Sidrap, Wajo, Pinrang, Bone, Enrekang dan Luwu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X