Sebelum Beli Mobil Baru, Pertimbangkan 5 Hal Ini

Kompas.com - 22/06/2019, 15:48 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempunyai mobil jadi impian sebagian milenial. Namun, Anda harus berhitung kembali sebelum membeli mobil agar tidak menyesal di kemudian hari.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com menilai bahwa mempunyai mobil menjadi kebutuhan sekaligus gengsi untuk milenial. Karena bagi mereka yang sudah bekerja mempunyai mobil jadi sebuah bukti kemapanan.

"Biasanya millenial menjadikan mobil sebagai aset pertamanya setelah beberapa tahun bekerja," tambahnya.

Baca juga: DP Kredit Mobil-Motor Bisa 0 Persen, Bagaimana Dampaknya?

Budi Raharjo, Financial Planner One Shildt mengatakan millenial harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli mobil. Karena, mereka harus menyiapkan biaya cukup besar untuk membeli dan merawat mobil tersebut.

" Mobil adalah barang konsumtif, jadi Anda sebaiknya memprioritaskan hal yang lebih penting," kata Budi.

Kali ini KONTAN akan berbagi tips menentukan waktu dan mengatur keuangan sebelum membeli mobil. Agar arus keuangan Anda tetap aman serta tidak menyesal di kemudian hari.

1. Tentukan tujuan mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli mobil adalah menentukan kegunaannya. Apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil untuk menunjang aktivitas atau hanya untuk gengsi ?

Budi mengingatkan bila membeli mobil hanya untuk gengsi, Anda akan merasa rugi di kemudian hari. Karena, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan dan perbaikan.

Jadi, sebaiknya Anda membeli mobil saat memang dirasa perlu. Contohnya, Anda membeli mobil untuk menghemat biaya transportasi. Atau, Anda membeli mobil agar lebih mudah dan cepat berpindah-pindah tempat rapat.

Baca juga: Zaman Sekarang, Masih Perlukah Beli Mobil?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X