Dongkrak Ekspor Kopi, Pemerintah Gandeng Perusahaan Asal Korea Selatan

Kompas.com - 28/06/2019, 18:09 WIB
Ilustrasi kopi 5secondIlustrasi kopi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan meningkatkan ekspor kopi dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ke Korea Selatan.

Hal tersebut dilakukan usai adanya kerja sama antara Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bersama dengan Perusahaan asal Korea Selatan yakni CJ Entertaiment dan juga Korea Trade Investmen Agency (KOTRA).

"Kami akan mendukung peningkatan kualitas kopi dengan melakukan perluasan saluran penjualan dan mendukung pengembangan produk berbasis cokelat dengan meningkatkan strategi pemasaran,” ujar Direktur CJ Indonesia Shin Hee Sung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/6/2019).

Nantinya, UMKM Indonesia akan dibimbing agar menciptakan satu produk yang memiliki nilai tambah melalui program One Village One Product (OVOP).

Shin mengaku telah membantu koperasi Indonesia sejak 2015. Melalui unit bisnis bakery and cafe yaitu Tous les Jours (TLJ), CJ turut serta membantu Koperasi Jatirogo di Yogyakarta sejak tahun 2015. Gula kelapa sebagai produk khas dari koperasi tersebut digunakan sebagai pemanis pada roti yang dijual TLJ.

"Hingga Desember 2018, TLJ telah berhasil melakukan penjualan hingga mencapai Rp 7 Miliar," kata dia.

Sementara itu, Ketua KSU Guyub Santoso Mustakim mengatakan, akan mengeskopr banyak produk olahan pertanian seperti kopi dan gula untuk ublnit bisnis CJ Entertainment. Hal ini dikarenakan produk kopi dan gula Indonesia memilik kualitas yang baik.

"Kita memiliki produk pertanian yang berkualitas tidak kalah dengan negara lain apalagi sektor koperasi kita yang memproduksi ini memiliki pendapatan yang baik dan ini akan dibutuhkan industri korea Selatan jadi kita tawarkan produk kopi dan gula," ujar Santoso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X