Kompas.com - 03/07/2019, 18:07 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut pemerintahan baru dan kondisi ekonomi Indonesia yang melambat tak membuat fintech peer to peer lending seperti Modalku takut mengembangkan bisnis dengan memberi modal kepada pemilik warung.

Ketimbang takut, Modalku justru memiliki siasat bisnis untuk melebarkan sayap. Siasat yang dilakukannya ini bakal menyasar sektor-sektor berkembang dengan bisnis yang stabil di tengah perlambatan ekonomi global.

"Tentu kami menyasar sektor-sektor yang berkembang, misalnya sektor ekonomi kreatif dan juga ada perusahaan-perusahaan rintisan," ucap Co-Founder dan COO Modalku Iwan Kurniawan di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Iwan menilai cara tersebut efektif untuk memberikan keuntungan dan imbalan bagi pihak pemberi pinjaman (lender) maupun peminjam (borrower).

Baca juga: Pinjam Uang, Lebih Baik ke Lembaga Keuangan Ataukah Fintech?

"Pihak lender setidaknya akan mendapatkan keuntungan sebesar 20 persen lewat aplikasi Modalku," kata Iwan.

Selain mempersiapkan siasat, Modalku pun berharap regulasi fintech bisa adil untuk kedua belah pihak, baik pemerintah maupun pelaku usaha. Harapan ini tentu mewakili keluh kesah fintech di tanah air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk pemerintah, selalu yang kita harapkan regulasi yang adil. Sebab regulasi yang sangat ketat bisa menghambat inovasi dan kreatifitas pelaku usaha. Jadi memang harus ketat, tapi jangan terlalu ketat juga," ucapnya.

Sebagai informasi, Modalku telah berhasil menyalurkan pinjaman modal usaha hingga Rp 7 triliun untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Asia Tenggara. Tahun ini, Modalku akan menyalurkan pinjaman modal usaha hingga Rp 10 triliun dengan 1 juta transaksi pinjaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.