Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bea Cukai Ajak Platform E-commerce Sharing Data, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 16/07/2019, 19:03 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan mengajak platform e-commmece untuk sharing data penjualannya.

Bea Cukai akan menggunakan teknologi untuk mensinergikan data antara penyedia jasa perdagangan e-commerce atau dengan sistem Bea Cukai.

"Minggu ini kami rencana bicara ya, secara personal saya sudah mengundang mereka," ujar Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di Gadung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

"Tetapi resminya saya akan lihat karena ini tim teknis saya minta untuk bicarakan mengenai hal itu," sambung dia.

Bila sharing data ini terealisasi, maka Bea Cukai bisa mendapatkan data pemesanan barang di e-commerce secara cepat, realtime, akurat dan juga mudah.

Lantas apa manfaatnya buat masyarakat? Heru mengatakan akan memberikan kemudahan barang impor yang dibeli melalui e-commerce masuk karena datanya sudah dimiliki oleh Bea Cukai.

Dengan begitu maka barang impor e-commerce bisa lebih capat diterima oleh masyarakat yang membelinya karena proses pemeriksaan dipermudah.

"Bagi mereka yang akan gabung tentunya kami kasih keuntungan, yakni clearence, kemudian klarifikasi yang lebih simple karena kami sudah dapat akses data," kata dia

"Tetapi bagi yang enggak mau enggak akan kami paksa, tetapi cara verifikasinya pasti perlu waktu kan karena kami tidak punya data yang realtime bisa kami ambil," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com