JK Minta BI Kembali Turunkan Suku Bunga

Kompas.com - 25/07/2019, 16:40 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (25/7/2019). MUTIA FAUZIAGubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap Bank Indonesia ( BI) kembali bisa menurunkan suku bunga acuan. BI sebelumnya telah menurunkan suku bunga mereka sebesar 25 bps di bulan ini.

Walaupun demikian, JK tidak memaparkan secara lebih spesifik hingga level berapa suku bunga perlu untuk diturunkan.

Dia hanya mengingatkan, bahwa BI pernah memiliki kebijakan moneter yang begitu longgar di tahun lalu, di mana tingkat suku bunga hanya sebesar 4,5 persen hingga akhirnya BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga hingga 175 basis poin (bps) sepanjang tahun tersebut.

Baca juga: BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,75 Persen

"Tapi tentu harapannya bisa, kalau kondisi lebih tenang atau kondisi ekonomi lebih baik itu juga bisa lebih turun lagi. Kita kan dulu pernah 4,5 persen kan," ujar JK di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

JK pun mengapresiasi langkah BI yang akhirnya memutuskan untuk menurunkan suku bunga cuan mereka setelah sempat menahan di level 6 persen sejak tahun lalu.

Dengan diturunkannya suku bunga acuan tresebut memberikan sinyal kondisi ekonomi domestik sedang dalam kondisi baik.

"Iya tentu (sambut baik), dalam kondisi hari ini cukup baik," kata JK di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Turunkan Suku Bunga, BI Ingin Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Adapun Gubernur BI Perry Warjiyo dalam beberapa kesempatan memberi sinyal untuk bank sental menerapkan kebijakan yang lebih akomodatif, salah satunya melalui penurunan suku bunga.

Perry mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dalam negeri.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X