Menko Darmin Siapkan Langkah Antisipasi Puncak Kekeringan

Kompas.com - 25/07/2019, 20:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019). MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution tengah mempersiapkan langkah untuk memitigasi dampak dari inflasi akibat kekeringan tahun ini.

Puncak kekeringan yakni curah hujan berada di titik terendahnya diperkirakan bakal terjadi pada Agustus 2019 mendatang.

"Kalau kekeringan kita sudah dengar dari BMKG, kita masih terus mengikutinya," ujar Darmin di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Ini 5 Provinsi dengan Inflasi Tertinggi di Tahun 2018

Walaupun demikian Darmin mengatakan, beberapa komoditas tidak akan mengalami kenaikan harga pada Agustus mendatang. Pasalnya, kedua komoditas tersebut tengah memasuki masa panen raya.

"Jangan lupa panen raya, akan terjadi pada Agustus," ujar dia.

Meski belum bisa memrediksi besaran kenaikan harga dari beberapa komoditas yang bakal terjadi ketika puncak kekeringan melanda, Darmin yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) telah meperhitungkan kemungkinan dari baik-buruknya dampak dari kekeringan.

"Pada tahun ini dan kita terus  memonitor dan menyiapakn langkah. apa langkahnya? kita mau lihat Agustus ini seperti apa," ujar dia.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X