Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Rupiah Menguat Tipis, Ditopang Sentimen Eksternal

Kompas.com - 31/07/2019, 18:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan rupiah kembali terjadi pada penutupan perdagangan, Rabu (31/7/2019). Kurs rupiah menguat tipis 0,04 persen atau berada di level Rp 14.022 per dolar Amerika Serikat (AS).

Penguatan juga terjadi pada kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) yang menempatkan rupiah di level Rp 14.026 atau menguat sebesar 0,06 persen. Sentimen eksternal masih mendominasi penguatan rupiah yang terjadi saat ini.

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan mengatakan bahwa pengaruh terbesar yang menyebabkan rupiah menguat adalah faktor pasar yang masih wait and see terhadap keputusan The Fed untuk memangkas suku bunganya. Ia menjelaskan bahwa ekspektasi pasar saat ini menyatakan The Fed akan menurunkan suku bunga 25 basis poin (bps).

Baca juga: Siang Ini, Rupiah Masih Melemah di Level Rp 14.021 Per Dollar AS

Namun, Yudi mengungkapkan masih ada kemungkinan The Fed memangkas suku bunganya lebih dalam di 50 bps.

Meskipun menguat, Yudi mengungkapkan penguatan rupiah cukup terhambat. Faktor pertemuan antara pejabat China dan AS dinilai Yudi masih akan menemukan kebuntuan.

"Ada pernyataan Trump yang mengatakan bahwa Tiongkok mengingkari janji untuk membeli produk pertanian AS. Hal ini menandakan bakal adanya kebuntuan dari pertemuan ini," ujar Yudi.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede juga mengatakan bahwa faktor rencana pemangkasan suku bunga The Fed masih menjadi sentimen paling kuat yang mempengaruhi rupiah bergerak menguat. Selain itu, faktor ini didukung dengan adanya rilis data PMA manufaktur dan PMA composite China yang dinilai cukup positif.

Baca juga: Data Ekonomi AS Melemah, Rupiah Berhasil Menguat

"Rilis data regional Tiongkok yang positif ini mendorong penguatan mata uang asing di Asia, tidak hanya rupiah," jelas Josua.

Dari faktor dalam negeri, Josua mengatakan bahwa belum ada sentimen yang mempengaruhi kurs rupiah untuk saat ini.

Esok hari, Josua menilai rupiah akan menguat sejak pembukaan sesi perdagangan. Hal ini masih terkait dengan The Fed yang akan mengumumkan keputusan pemangkasan suku bunga dini hari nanti. Josua memprediksi rupiah akan bergerak menguat di kisaran Rp 13.985 - Rp 14.050 per dollar AS.

Sepakat, Yudi juga menilai rupiah akan menguat pada esok hari. Dengan faktor yang sama, Yudi memprediksi rupiah akan berada di kisaran Rp 13.975 - Rp 14.050 per dollar AS. (Adrianus Octaviano)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah menguat tipis akibat dominasi sentimen eksternal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com