Elnusa Kembangkan Teknologi Demi Keselamatan Kerja

Kompas.com - 24/08/2019, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Petrofin (EPN) mengembangkan teknologi anti pencurian untuk keselamatan Awak Mobil Tangki (AMT).

Berbagai langkah termasuk tindakan tegas telah dilakukan perseroan untuk mencegah dan mengatasi perilaku AMT yang kurang terpuji seperti melakukan praktik mengambil BBM dari sisa pengantaran atau mencuri BBM dari tangki yang hendak didistribusikan.

"Kami telah melakukan berbagai langkah preventif seperti pemasangan dan pemantauan GPS tracking untuk mengetahui posisi aktual dari mobil tangki plus kondisinya, dari sana bisa diketahui apakah mobil tangki berhenti untuk istirahat, atau melakukan hal yang lain,” ujar Departement Head HSSE&QM PT Elnusa Petrofin, Lisda Dwi Rahayu dalam keterangannya Jumat (23/08/2019).

Baca juga: Mei, Elnusa Bagikan Dividen Rp 69 Miliar

Lisda mengatakan, Elnusa juga tengah mengembangkan sensor pencurian pada interlock bernama Theft Warning System, yaitu sistem yang bisa mendeteksi ketika bottom loader terbuka bukan di titik koordinat SPBU maka akan mengirimkan alert ke smartphone pimpinan tertinggi di lokasi.

Pihaknya juga akan rutin melakukan sidak terhadap mobil tangki untuk mengetahui kondisi GPS apakah berfungsi dengan baik dan aktif.

Direktur Marketing dan Operasional Elnusa Petrofin Nur Kholis menambahkan bahwa perusahaan akan memberikan sanksi tegas termasuk Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK) kepada pekerja yang tidak mengindahkan faktor keamanan dan integritas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.