Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elnusa Kembangkan Teknologi Demi Keselamatan Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Petrofin (EPN) mengembangkan teknologi anti pencurian untuk keselamatan Awak Mobil Tangki (AMT).

Berbagai langkah termasuk tindakan tegas telah dilakukan perseroan untuk mencegah dan mengatasi perilaku AMT yang kurang terpuji seperti melakukan praktik mengambil BBM dari sisa pengantaran atau mencuri BBM dari tangki yang hendak didistribusikan.

"Kami telah melakukan berbagai langkah preventif seperti pemasangan dan pemantauan GPS tracking untuk mengetahui posisi aktual dari mobil tangki plus kondisinya, dari sana bisa diketahui apakah mobil tangki berhenti untuk istirahat, atau melakukan hal yang lain,” ujar Departement Head HSSE&QM PT Elnusa Petrofin, Lisda Dwi Rahayu dalam keterangannya Jumat (23/08/2019).

Lisda mengatakan, Elnusa juga tengah mengembangkan sensor pencurian pada interlock bernama Theft Warning System, yaitu sistem yang bisa mendeteksi ketika bottom loader terbuka bukan di titik koordinat SPBU maka akan mengirimkan alert ke smartphone pimpinan tertinggi di lokasi.

Pihaknya juga akan rutin melakukan sidak terhadap mobil tangki untuk mengetahui kondisi GPS apakah berfungsi dengan baik dan aktif.

Direktur Marketing dan Operasional Elnusa Petrofin Nur Kholis menambahkan bahwa perusahaan akan memberikan sanksi tegas termasuk Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK) kepada pekerja yang tidak mengindahkan faktor keamanan dan integritas. 

https://money.kompas.com/read/2019/08/24/071347826/elnusa-kembangkan-teknologi-demi-keselamatan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke