Beli Kapal, Pelita Samudera Shipping Terbitkan Saham Baru

Kompas.com - 16/09/2019, 18:58 WIB
Ilustrasi kapal barang. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal barang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Samudera Shipping Tbk telah menambah 1 kapal kargo curah (Motor Vessel) dalam armadanya menjadi 6 unit MV.

Dari jumlah armada tersebut, sebanyak 4 unit terakhir dibeli pada tahun ini. Harga pembelian MV kelas handysize adalah 7,525 juta dollar AS.

Pihak penjual kapal adalah Convivial Navigation Co Pte Ltd dari Singapura. Adapun ketentuan pembayaran adalah 20 persen akan dibayar tunai dan 80 persen dibayar dengan saham perseroan.

"PSS akan melakukan penerbitan saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya 402.688.000 saham atau sebesar 8 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh," kata Sekretaris Perusahaan Imelda Agustina Kiagoes dalam keteramgannya, Senin (16/9/2019).

Baca juga: Sewa Kapal Moncer, Pelita Samudera Shipping Raup Pendapatan 36,1 Juta Dollar AS

Saham yang diusulkan telah dihargai akan diterbitkan dengan harga minimum Rp 211 per saham. Perseroan sedang melakukan finalisasi penetapan harga premium untuk penetapan harga saat ini dan/atau di atas harga minimum.

"Pembayaran kapal melalui penerbitan saham dengan harga premium (ke saat ini) membuktikan kepercayaan penjual terhadap prospek masa depan dan pertumbuhan pendapatan PSS," jelas Imelda.

Pada RUPSLB yang diadakan hari ini, para pemegang saham telah menyetujui transaksi tersebut, yakni penerbitan saham baru sebagai bagian dari penyelesaian pembelian Kapal.

"PSS telah memiliki prospek dari beberapa pelanggan potensial untuk kapal MV dengan kapasitas 28k DWT, salah satunya untuk pengangkutan batubara dan klinker (bahan utama pembuatan semen)," terang Imelda.

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Raih Kontrak Jangka Panjang Angkut Batubara

Pendapatan sewa berjangka perseroan per 30 Juni 2019 naik sebesar 100 persen menjadi 3,5 juta dollar AS dari 1,7 juta dollar AS, per 30 Juni 2018. Dengan kinerja bisnis yang solid dan diversifikasi aliran pendapatan yang berbeda, PSS menargetkan pendapatan sewa berjangka naik signifikan sebesar 338 persen di 2019 dibandingkan 2018.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X