Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beli Kapal, Pelita Samudera Shipping Terbitkan Saham Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Samudera Shipping Tbk telah menambah 1 kapal kargo curah (Motor Vessel) dalam armadanya menjadi 6 unit MV.

Dari jumlah armada tersebut, sebanyak 4 unit terakhir dibeli pada tahun ini. Harga pembelian MV kelas handysize adalah 7,525 juta dollar AS.

Pihak penjual kapal adalah Convivial Navigation Co Pte Ltd dari Singapura. Adapun ketentuan pembayaran adalah 20 persen akan dibayar tunai dan 80 persen dibayar dengan saham perseroan.

"PSS akan melakukan penerbitan saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya 402.688.000 saham atau sebesar 8 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh," kata Sekretaris Perusahaan Imelda Agustina Kiagoes dalam keteramgannya, Senin (16/9/2019).

Saham yang diusulkan telah dihargai akan diterbitkan dengan harga minimum Rp 211 per saham. Perseroan sedang melakukan finalisasi penetapan harga premium untuk penetapan harga saat ini dan/atau di atas harga minimum.

"Pembayaran kapal melalui penerbitan saham dengan harga premium (ke saat ini) membuktikan kepercayaan penjual terhadap prospek masa depan dan pertumbuhan pendapatan PSS," jelas Imelda.

Pada RUPSLB yang diadakan hari ini, para pemegang saham telah menyetujui transaksi tersebut, yakni penerbitan saham baru sebagai bagian dari penyelesaian pembelian Kapal.

"PSS telah memiliki prospek dari beberapa pelanggan potensial untuk kapal MV dengan kapasitas 28k DWT, salah satunya untuk pengangkutan batubara dan klinker (bahan utama pembuatan semen)," terang Imelda.

Pendapatan sewa berjangka perseroan per 30 Juni 2019 naik sebesar 100 persen menjadi 3,5 juta dollar AS dari 1,7 juta dollar AS, per 30 Juni 2018. Dengan kinerja bisnis yang solid dan diversifikasi aliran pendapatan yang berbeda, PSS menargetkan pendapatan sewa berjangka naik signifikan sebesar 338 persen di 2019 dibandingkan 2018.

https://money.kompas.com/read/2019/09/16/185827726/beli-kapal-pelita-samudera-shipping-terbitkan-saham-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke