Mulai IoT hingga AI, Ini Mega Tren Dunia Industri pada Masa Depan

Kompas.com - 21/09/2019, 12:05 WIB
Senior Vice President Schneider Electric in East Asia, Pacific,& Japan, Benoit Dubarlepada acara Schneider Electric Innovation Hub di Kantor Schneider Electric Singapura, Jumat (20/9/2019). KOMPAS.com/ALEK KURNIAWANSenior Vice President Schneider Electric in East Asia, Pacific,& Japan, Benoit Dubarlepada acara Schneider Electric Innovation Hub di Kantor Schneider Electric Singapura, Jumat (20/9/2019).

SINGAPURA, KOMPAS.com – Setidaknya ada lima mega tren di dunia industri yang akan melejit pada beberapa tahun ke depan.

Senior Vice President Schneider Electric in East Asia, Pacific, & Japan, Benoit Dubarle mengatakan pengolahan data, Internet of Things (IoT), mobilisasi telekomunikasi, 5G, dan artificial intelligence (AI) merupakan lima tren yang sedang pesat berkembang.

“Untuk pengolahan data, lebih kurang akan ada pertumbuhan sebanyak 28 persen per tahun mulai 2025. Sebanyak 19 persen dari data global tersebut bahkan berukuran 34 zetabyte (ZB),” jelas Benoit pada acara Schneider Electric Innovation Hub di Kantor Schneider Electric Singapura, Jumat (20/9/2019).

Selanjutnya, IoT juga akan berkembang pesat dengan jumlah mencapai 50 persen alat (device) baru yang terhubung pada 2026.

Baca juga: Main Game Online Sering Lemot? Mungkin Ini Sebabnya…

“Terdapat pula sekitar 500 juta mobilisasi telekomunikasi pada 2020. Hal ini membuat penggunaan data akan semakin kompleks dan padat,” ujar Benoit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknologi 5G, tambahnya, pun akan berkembang pesat pada 2025 dengan pembelanjaan modal (Capex) global mencapai 356 miliar dollar Amerika.

Terakhir, implementasi AI akan meningkat tajam pada 2021 dengan investasi industri sebesar 4,6 triliun dollar Amerika. Angka tersebut akan masih meningkat sekitar 73 persen per tahunnya.

Benoit menuturkan ada dua faktor yang menyebabkan lima mega tren itu berkembang pesat.

“Pertama, peningkatan kualitas teknologi bisa meroketkan peluang bisnis. Lalu kedua, industri ingin mempersembahkan kualitas pelayanan terbaik bagi konsumennya,” ungkap Benoit.

Lima sektor industri

Sementara itu, Schneider Electric juga mencatat ada lima sektor industri yang saat ini sudah mulai bergerak menuju transformasi digital sepenuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.