Fly Over dan Underpass Akan Dibangun di 500 Pelintasan KA Tak Sebidang Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 25/09/2019, 07:32 WIB
Suasana di perlintasan KA 66 dekat Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Rabu (10/4/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSuasana di perlintasan KA 66 dekat Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Rabu (10/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menutup sekitar 500 lintasan tak sebidang dari Jakarta hingga ke Surabaya.

Hal tersebut dilakukan guna mendukung proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Sebab, jika masih terdapat lintasan tak sebidang, dikhawatirkan akan mengganggu laju dari moda transportasi tersebut.

“Kami ditugasi untuk memperbaiki tidak kurang dari 500 simpang tak sebidang,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Basuki menjelaskan, untuk menggantikan perlintasan tak sebidang tersebut, pihaknya akan membangun underpass, flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Pengerjaan tersebut dilakukan usai Japan International Cooperation Agency ( JICA) mulai melakukan survei persiapan pembangunan proyek tersebut.

“Kalau ini sudah jadi, Oktober 2020 study (JICA)selesai, mungkin 2 sampai 3 tahun selesai,” kata Basuki.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dan Jepang melakukan pertemuan terkait tindak lanjut Proyek peningkatan kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta –Surabaya pada hari ini, Selasa (24/9/2019) di Jakarta.

Dalam petemuan tersebut akan dilakukan penandatanganan “Summary Record on Java North Line Upgrading Project” antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Summary Record merupakan rumusan yang berisi kesepakatan kedua belah pihak terkat beberapa hal teknis. Di antaranya, lebar jalur, jenis konstruksi, sistem persinyalan, desain kecepatan dan jenis sarana perkeretaapian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X