Jelang Akhir Jabatan, Menperin Airlangga Luncurkan Buku

Kompas.com - 14/10/2019, 12:44 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada peluncuran bukunya berjudul Merajut Asa di Gedung Garuda, Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada peluncuran bukunya berjudul Merajut Asa di Gedung Garuda, Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir masa jabatannya sebagai Menteri Perindustrian ( Menperin), Airlangga Hartarto meluncurkan buku berjudul "Merajut Asa" di Kementerian Perindustrian, Senin (14/11/2019).

Buku ini berisi tentang perjalanan industrialisasi Indonesia sejak zaman proklamator Soekarno dan Hatta. Buku ini ditulis Airlangga sejak 2016 lalu.

"Buku ini membahas kaya atau miskin SDA (Sumber Daya Alam), itu butuh industrialisasi. Buku ini dibahas dengan nuansa yang berbeda," kata Airlangga dalam sambutannya.

Selain itu, buku ini juga membahas mengenai Undang Undang (UU) Perdagangan Hindia Belanda dan perubahan UU Perdagangan saat ini yang dinilai lebih relevan. Banyak sisi yang ditilik dalam buku ini.

"UU Perdagangan pada waktu dibuat menggantikan undang-undang zaman Hindia Belanda. UU Perdagangan jadi bagian yang menyangkut hajat hidup orang," ujarnya.

Baca juga: Menperin: Peningkatan Investasi Kunci Indonesia Masuk Industri 4.0

Airlangga juga bercerita terkait hal-hal dasar di dunia industri, seperti apa bedanya industri pemurnian dengan industri pengolahan. Menurut Airlangga, dua hal penting dalam industri tersebut juga perlu dipahami dan dicermati.

"Buku ini penting karena mencatat hal-hal tak tertulis didalam UU itu sendiri sehingga kita perlu ketahui mengapa hilirisasi itu penting. Apa beda pemurnian dan pengolahan," sebut Airlangga.

"Padahal itu berbeda. Pengolahan terkait direct tambang. Sedangkan pemurnian merupakan secondary process yang sudah masuk di industri," jelasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X