Komitmen Investasi 1,3 Miliar Dollar AS Ditanam di Mandalika

Kompas.com - 17/10/2019, 13:09 WIB
salah satu lokasi digelarnya Paralayang di Desa Montong Ajan, Lombok Tengah Idham Khalidsalah satu lokasi digelarnya Paralayang di Desa Montong Ajan, Lombok Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika dan Nusa Dua, mengembangkan The Mandalika sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

Ini guna mendukung target pemerintah untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor industri unggulan baru.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyatakan, sejak peresmian operasional The Mandalika oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2017, pengembangan The Mandalika berjalan pesat.

Hingga saat ini, ITDC telah mengantongi komitmen investasi Real Estate 1,3 miliar dollar AS guna pembangunan sejumlah hotel dan kluster sport & entertainment. Kluster sport & entertainment, termasuk Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Pengusaha Besar Diajak Investasi di KEK Mandalika

Melalui event MotoGP Mandalika 2021, ITDC memperkirakan manfaat ekonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat NTB dan Indonesia, antara lain penciptaan lapangan kerja langsung bagi sekitar 7.500 orang, memberikan tambahan investasi lokal sebesar 150 juta dollar AS.

Adapun tambahan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia hingga mencapai 300.000 orang per tahun, serta diperkirakan akan mendorong peningkatan belanja wisatawan hingga 40 juta dollar AS per tahun.

“Kami meyakini penyelenggaraan event MotoGP akan mampu menciptakan branding dan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan sportainment unggulan di kawasan Asia," kata Abdulbar dalam keterangannya, Kamis (17/10/2019).

"Hal ini penting guna meningkatkan nilai tambah pariwisata di Indonesia, sehingga mampu memperbesar sumbangan sektor pariwisata kepada perekonomian nasional,” sebut dia.

Baca juga: Ada Sirkuit MotoGP, Mandalika Bakal Lebih Besar dari Nusa Dua

Abdulbar menuturkan,nkeberadaan The Mandalika akan menjadi katalisator pembangunan ekonomi dan mampu membawa multiplier effect perekonomian yang besar bagi masyarakat NTB, khususnya masyarakat sekitar kawasan.

“Kami meyakini peningkatan jumlah usaha hospitality di sekitar kawasan The Mandalika masih akan terus bertambah sejalan dengan kegiatan pengembangan kawasan dan proyek yang berlangsung," ujarnya.

The Mandalika, imbuh Abdulbar, diyakini akan mampu menyerap hampir 5.000 tenaga kerja lokal secara bertahap dalam lima tahun ke depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X