Erick Thohir Bocorkan Alasan Jokowi Pilih Bahlil Jadi Kepala BKPM

Kompas.com - 24/10/2019, 12:12 WIB
Bahlil Lahadalia di Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (25/5/2019). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comBahlil Lahadalia di Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (25/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahlil Lahadalia resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Bahlil menggantikan posisi Thomas Lembong.

Jokowi memiliki alasan tersendiri memilih Bahlil untuk mengurusi soal investasi di Indonesia.

Alasan Jokowi memilih Bahlil menjadi Kepala BKPM dibocorkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Menurut Erick, banyak pihak yang meragukan kapasitas Bahlil untuk mengurusi penanaman modal di Indonesia. Namun, Presiden Jokowi, kata Erick, memiliki pemikiran tersendiri kepada Bahlil.

Baca juga : Bahlil Lahadalia Jadi Kepala BKPM, Ini Harapan Pengusaha

“Kalau kita lihat susunan kabinet hari ini, beliau (Jokowi) kan memang benar-benar punya strategi berbeda. Contohnya Bahlil, bagaimana dijadikan menteri investasi, tapi memang orang mikir ‘loh kok ini (Bahlil jadi) menteri investasi, bisa enggak dia’,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019) malam.

Jokowi, lanjut Erick, mengetahui secara pasti hambatan investasi yang mau masuk ke Indonesia. Salah satunya soal regulasi di pemerintah daerah yang dianggap menghambat investasi

Atas dasar itu, Jokowi menilai Bahlil sosok yang pas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab Bahlil yang juga pengusaha asal Papua, terbiasa berkecimpung mengurusi perizinan di daerah.

Baca juga: Bahlil Lahadalia, Sopir Angkot yang Kini Mengurus Investasi

Dengan begitu, Bahlil paham mana aturan yang perlu dibenahi agar dapat menarik investor mau menanam modal di Indonesia.

“Artinya, tugas beliau (Bahlil) yang pertama sinkronkan (aturan di) pusat dan daerah. Cocok enggak figurnya (Bahlil)? Cocok. Kalau (investasi) yang keluar negeri kan ada Pak Luhut. Itu benar-benar pemikiran yang out of the box dari beliau (Jokowi),” kata Mantan Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin itu.

Nama Bahlil sendiri mulai dikenal saat terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2015-2019.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X