Warren Buffet : Prediksi Pasar Saham Jangka Pendek adalah Racun

Kompas.com - 29/10/2019, 20:04 WIB
Warren Buffett. Krista Kennell/Shutterstock.comWarren Buffett.

KOMPAS.com - Kutipan dari Warren Buffett selalu menarik untuk disimak. Pasalnya, Buffett sudah berhasil membuktikan diri menjadi salah satu orang terkaya di dunia secara konsisten selama beberapa dekade.

Tak heran dirinya menjadi sosok yang sangat dikagumi dan diidolakan.

Ada banyak pemikiran Buffett yang bisa disimak. Salah satunya, pendapat Buffett terkait kondisi pasar saham.

Menurut Buffett, salah satu kesalahan terburuk yang dapat dilakukan oleh investor adalah terlalu memperhatikan komentator di TV, drama politik, atau rumor pasar.

Baca juga : Warren Buffett: Menabung Bukan Hal Terpenting dalam Hidup

Berikut sejumlah kutipan Buffett yang dapat diambil hikmahnya:

1. "Dalam 54 tahun (Charlie Munger dan saya) bekerja bersama, kami tidak pernah melakukan pembelian yang menarik dengan alasan lingkungan makro atau politik, atau pandangan orang lain. Bahkan, subjek ini tidak pernah muncul ketika kami membuat keputusan. "

2. "Pada abad ke-20, Amerika Serikat mengalami dua perang dunia dan konflik militer yang traumatis dan mahal lainnya; Depresi; selusin resesi dan kepanikan finansial; guncangan minyak, epidemi flu, dan pengunduran diri seorang presiden yang dipermalukan. Namun, Dow Jones naik dari 66 menjadi 11.497."

3. "Kami sudah lama merasa bahwa satu-satunya nilai bagi peramal saham adalah membuat peramal nasib terlihat baik. Bahkan sekarang, Charlie dan saya terus percaya bahwa prediksi pasar jangka pendek adalah racun yang berbahaya dan harus disimpan di tempat yang aman, jauh dari anak-anak dan juga dari orang dewasa yang berperilaku di pasar seperti anak-anak."

4. "Kebanyakan investor tertarik pada suatu saham ketika orang lain juga berlaku serupa. Waktu untuk tertarik adalah ketika tidak ada orang lain yang tertarik. Kamu tidak bisa membeli apa yang populer dan melakukannya dengan baik."

5. "Jangan terjebak dengan apa yang dilakukan orang lain. Menjadi pelawan arus bukanlah kuncinya. Akan tetapi, menjadi pengikut kerumunan juga tidak. Kamu harus melepaskan diri secara emosional."

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul : Warren Buffett: Prediksi market jangka pendek adalah racun yang berbahaya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X