Warren Buffett: Kualitas Terpenting Investor Bukan Kecerdasan...

Kompas.com - 01/11/2019, 09:30 WIB
Warren Buffett. Warren Buffett.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warren Buffett tak percaya bahwa seseorang harus memiliki kecerdasan tinggi untuk menjadi investor yang sukses. Akan tetapi, seseorang memang harus memiliki mental yang tepat. Menurut investor kawakan ini, kesabaran dan temperamen yang baik jauh lebih penting daripada IQ.

Berikut sejumlah kutipan Buffet yang menekankan hal tersebut seperti dikutip Kontan.co.id:

- "Kualitas yang paling penting bagi seorang investor adalah temperamen, bukan kecerdasan. Anda membutuhkan temperamen yang tidak mendapat kesenangan saat mengikuti arus atau melawan arus."

- " Pasar saham adalah permainan yang menyerang. Anda tidak harus berayun dalam segala hal - Anda bisa menunggu giliran Anda."

Baca juga: Warren Buffet : Prediksi Pasar Saham Jangka Pendek adalah Racun

- "Sukses dalam berinvestasi tidak berkorelasi dengan IQ ... yang Anda butuhkan adalah temperamen untuk mengendalikan dorongan yang membuat orang lain kesulitan dalam berinvestasi.

- "Kamu tidak perlu menjadi ilmuwan roket. Berinvestasi bukanlah permainan di mana orang dengan IQ 160 mengalahkan orang dengan IQ 130."

Selain itu, Buffett juga memiliki kutipan istimewa terkait biaya dan nasihat buruk. Agar jelas, Buffett tidak menentang biaya investasi yang memberikan nilai. Di sisi lain, Buffett memiliki ketidaksukaan yang luar biasa terhadap biaya berlebihan yang membuat Wall Streeters kaya dengan mengorbankan investor biasa:

Baca juga: Warren Buffet Jadi Investor Sejak Usia 11 Tahun, Bagaimana Caranya?

- "Ketika triliunan dollar dikelola oleh Wall Streeters dengan memungut bayaran tinggi, biasanya para manajerlah yang meraup untung besar, bukan klien."

- "Wall Street adalah satu-satunya tempat bagi mereka yang naik Rolls Royce untuk mendapatkan saran dari mereka yang naik kereta bawah tanah."

"Jika return yang diterima sekitar 7% atau 8%, kemudian, Anda membayar 1% untuk biaya, itu membuat perbedaan besar dalam berapa banyak uang yang akan Anda miliki di masa pensiun." (Barratut Taqiyyah Rafie)

Baca juga: Warren Buffett: Menabung Bukan Hal Terpenting dalam Hidup

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Warren Buffett: Kualitas terpenting investor adalah tempramen, bukan kecerdasan...

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X