PLN Akan Terbitkan Surat Utang Global Setara Rp 21 Triliun

Kompas.com - 05/11/2019, 14:00 WIB
Ilustrasi PLN. KOMPAS/HENDRA A SETYAWANIlustrasi PLN.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) berencana kembali menerbitkan surat utang global atau global bond di akhir 2019 ini. Dana segar itu akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) perusahaan listrik plat merah tersebut.

“Memang kita ada rencana (menerbitkan global bond) nanti lihat saja. Kalau misalnya market bagus kita akan infokan kembali dalam waktu dekat,” ujar Executive Vice President Keuangan PT PLN Sulistyo Biantoro di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Sulistyo menambahkan, pihaknya akan menerbitkan surat utang di Singapura dalam waktu dekat ini. Nantinya, dana yang didapatkan PLN berdenominasi dollar Amerika Serikat dan euro.

“Targetnya 1 sampai 1,5 miliar dollar AS (atau setara Rp 21 triliun),” kata Sulistyo.

Sulistyo menjelaskan total kebutuhan capex tahun ini sebesar Rp 90 triliun. Realisasinya per September 2019 ini baru sekitar Rp 70 triliun.

“(Penerbitan surat utang global) untuk capex secara umum saja dan untuk program 35 GW secara umum dan percepatan infrastruktur,” ucap dia.

Sebelumnya, PT PLN sudah menerbitkan surat utang global atau global bond dengan jumlah pokok 1,4 miliar dollar AS.

Surat utang itu memiliki dual-trance yakni masing-masing sebesar 700 juta dollar AS bertenor 10 tahun dengan kupon 3,875 persen dan 700 juta dollar AS bertenor 30 tahun dengan kupon 4,875 persen.

PLN melaporkan telah melakukan proses bookbuilding global bond pada 10 Juli 2019. Surat utang itu mencatatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed 4,42 kali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X