Amerika Diajak Tingkatkan Investasi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia

Kompas.com - 15/11/2019, 20:28 WIB
Delegasi Indonesia yang tergabung dalam International Conference of Asian Political Party (ICAPP) bertemu dengan anggota Kongres Amerika Serikat di Washington DC, Kamis (14/11/2019) Dok. Partai GolkarDelegasi Indonesia yang tergabung dalam International Conference of Asian Political Party (ICAPP) bertemu dengan anggota Kongres Amerika Serikat di Washington DC, Kamis (14/11/2019)

KOMPAS.com - Indonesia mengajak Amerika Serikat meningkatkan investasi dalam proyek energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

Pasalnya, Indonesia saat ini tengah berupaya meningkatkan kontribusi renewable energy pada 2025.

“Investasi itu memang mahal tetapi Amerika punya teknologi, modal, dan kepentingan agar semua negara menerapkan clean energy,” kata Theo Sambuaga, International Conference of Asian Political Party (ICAPP) Standing Committee Member dalam pernyataan tertulis, Jumat (15/11/2019).

Ajakan itu disampaikan Theo selaku delegasi Indonesia yang tergabung dalam ICAPP saat bertemu sejumlah anggota Kongres Amerika Serikat di Washington DC, Kamis (14/11/2019).

Ia menambahkan, Indonesia berharap Amerika Serikat bergabung kembali dengan Trans-Pacific Partnership (TPP).

Baca juga: Airlangga: Blok Perdagangan Bebas Terbesar Dunia Masih Tunggu India

Pasalnya, keluarnya Amerika dari TPP merugikan banyak negara, utamanya negara negara berkembang.

Ia pun meminta Amerika untuk melonggarkan kebijakan perdagangan internasional dalam hubungan multilateral.

“Jangan menjadi lebih protektif, di mana belakangan ini banyak dirasakan oleh negara berkembang, kebijakan Amerika semakin protektif,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Namun demikian, ia melanjutkan, delegasi Indonesia mendukung kebijakan Amerika tentang penetapan tarif khusus.

Masalah global

Delegasi Indonesia pun menyoroti sikap Amerika soal perselisihan laut China Selatan. Ia menjelaskan, pendekatan multilateral lebih tepat untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X