Chandra Hamzah Bakal Isi Jabatan di Bank BUMN, Mandiri atau BTN?

Kompas.com - 18/11/2019, 16:50 WIB
Mantan Komisioner KPK, Chandra Hamzah menghadiri undangan pertemuan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMantan Komisioner KPK, Chandra Hamzah menghadiri undangan pertemuan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Arya Sinulingga menyebutkan, Chandra Hamzah yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK ini bakal mengisi jabatan pada sektor perbankan.

Namun, dia enggan memastikan nama perusahaan pelat merah pada sektor perbankan tersebut.

"Sektornya keuangan. Saya tadi bilang perbankan," ucap Arya di ruang pers Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Chandra Hamzah diproyeksi akan mengisi jabatan staf khusus di Kementerian BUMN. Namun, kabar tersebut ditepis oleh Arya.

"Sudah dipastikan Chandra ini akan mengisi salah satu posisi di BUMN. BUMN ini perusahaan. Beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN dan dipastikan seperti itu. Posisinya direktur atau bagian komisaris, tunggu tanggal mainnya," ujarnya.

Baca juga: Chandra Hamzah soal Jabatan di BUMN: Tebak-tebak Buah Manggis

Dipastikan, mantan Komisaris Utama PLN ini sudah harus menjabat perusahaan perbankan sebelum akhir tahun 2019.

Diketahui, posisi jabatan di BUMN perbankan yang masih lowong saat ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

"Pokoknya dalam waktu Desember akhir, Pak Chandra Hamzah sudah masuk jajaran kepengurusan BUMN. Pak Chandra Hamzah sedang melalui proses administrasi," ucap Arya.

Menurut dia, Menteri BUMN Erick Thohir memang sengaja merekrut calon-calon pejabat di luar kementerian.

Hal itu dilakukan dengan alasan agar mampu menciptakan kinerja perusahaan yang positif serta membangun pencitraan yang baik terhadap pandangan masyarakat.

"Bahwa akan banyak orang, tokoh-tokoh yang memang akan kami rekrut untuk memperkuat BUMN. Jadi, ini juga akan membangun kepercayaan publik terhadap BUMN. Karena yang kami rekrut orang-orang atau tokoh-tokoh yang di publik pun diakui kredibilitasnya, diakui profilnya, dan dipercaya bisa membangun image terhadap BUMN," jelasnya.

Baca juga: Chandra Hamzah Enggan Berandai-andai soal Jabatan di BUMN

Pemerintah berharap keberadaan Chandra mengisi jabatan di bagian salah satu perusahaan BUMN akan menarik minat investor serta meningkatkan kinerja keuangan.

"Kami harapkan perusahaan ini di publik akan semakin baik kinerjanya. Akan banyak investor yang akan masuk," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X