Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chandra Hamzah Bakal Isi Jabatan di Bank BUMN, Mandiri atau BTN?

Kompas.com - 18/11/2019, 16:50 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyebutkan, Chandra Hamzah yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK ini bakal mengisi jabatan pada sektor perbankan.

Namun, dia enggan memastikan nama perusahaan pelat merah pada sektor perbankan tersebut.

"Sektornya keuangan. Saya tadi bilang perbankan," ucap Arya di ruang pers Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Chandra Hamzah diproyeksi akan mengisi jabatan staf khusus di Kementerian BUMN. Namun, kabar tersebut ditepis oleh Arya.

"Sudah dipastikan Chandra ini akan mengisi salah satu posisi di BUMN. BUMN ini perusahaan. Beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN dan dipastikan seperti itu. Posisinya direktur atau bagian komisaris, tunggu tanggal mainnya," ujarnya.

Baca juga: Chandra Hamzah soal Jabatan di BUMN: Tebak-tebak Buah Manggis

Dipastikan, mantan Komisaris Utama PLN ini sudah harus menjabat perusahaan perbankan sebelum akhir tahun 2019.

Diketahui, posisi jabatan di BUMN perbankan yang masih lowong saat ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

"Pokoknya dalam waktu Desember akhir, Pak Chandra Hamzah sudah masuk jajaran kepengurusan BUMN. Pak Chandra Hamzah sedang melalui proses administrasi," ucap Arya.

Menurut dia, Menteri BUMN Erick Thohir memang sengaja merekrut calon-calon pejabat di luar kementerian.

Hal itu dilakukan dengan alasan agar mampu menciptakan kinerja perusahaan yang positif serta membangun pencitraan yang baik terhadap pandangan masyarakat.

"Bahwa akan banyak orang, tokoh-tokoh yang memang akan kami rekrut untuk memperkuat BUMN. Jadi, ini juga akan membangun kepercayaan publik terhadap BUMN. Karena yang kami rekrut orang-orang atau tokoh-tokoh yang di publik pun diakui kredibilitasnya, diakui profilnya, dan dipercaya bisa membangun image terhadap BUMN," jelasnya.

Baca juga: Chandra Hamzah Enggan Berandai-andai soal Jabatan di BUMN

Pemerintah berharap keberadaan Chandra mengisi jabatan di bagian salah satu perusahaan BUMN akan menarik minat investor serta meningkatkan kinerja keuangan.

"Kami harapkan perusahaan ini di publik akan semakin baik kinerjanya. Akan banyak investor yang akan masuk," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com