Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Bekerja, Ini Kesan Sri Mulyani terhadap Kabinet Indonesia Maju

Kompas.com - 21/11/2019, 11:47 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesannya setelah selama satu bulan bekerja sama dengan Kabinet Indonesia Maju yang merupakan periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Sri Mulyani menilai kabinet Presiden Jokowi kali ini cukup kuat. Menurut dia, masing-masing menteri mampu bekerja sama dengan solid untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menciptakan lapangan kerja sekaligus tenaga kerja yang berkualitas di Indonesia.

Sebab, pada periode kedua ini Presiden Jokowi menjadikan sumber daya manusia sebagai fokus pembangunannya setelah di periode pertama lalu fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Satu bulan pertama bekerja di kabinet di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi sangat luar biasa. Dan cukup mengejutkan melihat kabinet baru cukup kuat dan bisa bekerja sama dengan baik satu dan yang lainnya," ujar dia di depan para tamu US-Indonesia Investment Summit di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Sri Mulyani: Mungkin Indonesia Butuh 540 Menteri Keuangan...

Dia pun memaparkan di depan Duta Besa Amerika Serikat untuk Indonesia juga Kamar Dagang Industri Amerika di Indonesia bahwa pemerintah akan memberikan insentif untuk perusahaan-perusahaan AS yang berinvestasi di dalam negeri.

Berbagai insentif yang telah ditawarkan pemerintah untuk menarik minat investor seperti tax holiday, tax allowance, hingga super deductable tax untuk menggairahkan iklim investasi di Indonesia.

"Kami akan memberikan Anda insentif ketika Anda menggunakan uang atau membangun sebuah aktifitas yang produktif di Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Berbagai insentif tersebut pun tengah diformulasi ulang seiring dengan upaya pemerintah untuk menyederhanakan proses izin investasi dan memberi kepastian kepada para pengusaha.

"Dengan peraturan menteri baru, kita berikan proses mudah untuk dapatkan tax holiday dengan syarat jelas. Tax holiday diberikan untuk industri-industri pionir. Delapan belas industri yang didukung kebijakan tersebut," kata dia.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Pejabat Daerah Tak Wira-wiri untuk Perjalanan Dinas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com