Ini Perintah Jokowi Agar RI Atasi Ketergantungan Impor Bahan Baku Obat

Kompas.com - 21/11/2019, 22:05 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang yang diresmikan presiden dengan total panjang 189 kilometer. ANTARA FOTO/ARDIANSYAHPresiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang yang diresmikan presiden dengan total panjang 189 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta agar impor bahan baku obat dapat diatasi. Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) tentang kesehatan.Saat ini mayoritas bahan baku untuk obat masih mengandalkan impor.

"Laporan yang saya terima, 95 persen bahan baku obat masih tergantung pada impor," ujar Jokowi di Kantor Presiden seperti dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (21/11/2019).

Jokowi meminta insentif terkait riset dan pengembangan bahan baku obat diperbesar. Hal itu untuk menemukan bahan baku yang lebih kompetitif dibanding sumber impor.

Baca juga: CEO-nya Jadi Staf Khusus Presiden, Ini Tanggapan Fintek Amartha

Regulasi juga perlu dibenahi terkait dengan industri farmasi. Perbaikan regulasi diharapkan dapat menumbuhkan industri farmasi dan menekan harga obat di Indonesia.

Jokowi menekankan tugas dan kewenangan Menteri Kesehatan (Menkes). Ke depan Jokowi minta kerja Menkes lebih berorientasi untuk pencegahan.

"Semuanya dikoordinir Kemenkes sehingga jelas, kalau ada berkaitan dengan masalah di lapangan siapa yang menjadi penanggungjawab bukan lempar sana dan lempar sini," terang Jokowi.

Meski pun terdapat pembagian wilayah dalam penanganan kesehatan. Seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk kesehatan individu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk kesehatan keluarga, serta Kemenkes untuk wilayah kesehatan masyarakat. (Abdul Basith)

Baca juga: Pusat Budidaya Mutiara Dijadikan Objek Wisata, Pelaku Usaha Khawatir

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Jokowi minta ketergantungan impor bahan baku obat cepat diatasi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X