Kompas.com - 22/11/2019, 18:45 WIB
Ilustrasi emas ShuterstockIlustrasi emas
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang masih digemari masyarakat Indonesia yakni dengan menabung atau membeli emas.

Saat ini investasi emas masih dianggap paling aman dan dinilai masih menguntungkan. Meskipun ada pergeseran investasi, sebagian besar orang masih lebih suka emas sebagai opsi investasi yang lebih baik.

Investasi emas bisa dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali Anda para generasi milenial. Berikut 3 tips investasi emas bagi milenial:

1. Jangan menunggu waktu

Business Development Director Lakuemas Junior Sambyanto, saat ditemui Kompas.com, Jumat (22/11/2019) menyarankan agar milenial tak menunggu waktu untuk membeli emas.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Turun Rp 3.000

Belilah sesegara mungkin emas yang diinginkan. Harga emas saat ini ataupun besok memang rentan berbeda tapi pada dasarnya membeli emas setiap bulan akan sama manfaatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Emas dua macam, ada perhiasan dan emas batangan. Mau pilih perhiasan silahkan ataupun batangan, tapi saran saya lebih bagus batangan karena harganya relatif sama," jelasnya.

2. Beli sedikit demi sedikit

Owner Sembada Gold Hendry Wijaya mengatakan, investasi emas sangat penting untuk kaum milenial. Selain tidak memiliki efek terhadap resesi, emas juga memiliki harga yang sama.

Baca juga: Begini Mekanisme Penunjukan Ahok Jadi Komut Pertamina

"Beli saja yang kecil-kecil dulu, setengah gram, satu gram baru beli yang lumayan besar dan sesuai kemampuan," ujarnya.

3. Pastikan emas bersertifikat

VP Precious Metal Sales & Marketing UBPP Logam Mulia PT. Antam Iwan Dahlan sangat penting membeli emas yang bersertifikat. Dengan adanya sertifikat bisa lebih menyakinkan lagi keaslian dan identitas emas.

" Dengan adanya sertifikat apabila kita ingin menjual emasnya bisa relatif lebih mahal, mengingat produksi sertifikat lebih mahal dan lembaga yang mengeluarkan sertifikat terpercaya," jelasnya.

Baca juga: Saat Gus Dur Muncul dalam Bentuk Virtual di Hadapan Yenny Wahid...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.