Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Anda Si Pendiam

Kompas.com - 28/11/2019, 14:11 WIB
Ilustrasi bekerja di apartemen. ShutterstockIlustrasi bekerja di apartemen.

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda tidak perlu mengubah kepribadian demi memperoleh karier impian. Ini termasuk bagi Anda yang pendiam.

Namun, pada kenyataannya mencari karier yang sesuai bagi orang yang pendiam ternyata sulit.

"Menemukan karier yang sangat memuaskan mungkin sulit bagi banyak orang yang introvert (pendiam). Sebagian besar karier membutuhkan interaksi dengan orang lain, baik rekan kerja, vendor, maupun masyarakat," kata Mahesh Kumar, juru bicara Transcription Certification Institute seperti dikutip dari Reader's Digest, Kamis (28/11/2019).

Akan tetapi, imbuh Kumar, ada banyak pekerjaan yang tidak hanya menawarkan gaji yang tinggi, memungkinkan Anda kerja dari rumah, namun juga memberi Anda kebebasan untuk tidak selalu berbicara dengan orang lain atau berhadapan langsung dengan publik.

Baca juga: 2 Hal Hal Ini Bisa Bantu Anda Raih Pekerjaan Impian Sekaligus Uang

Sementara itu, Amma Marfo, Digital Content Lead di Swoot mengungkapkan, para pendiam akan berkembang dalam karier di mana mereka memiliki waktu untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pikiran mereka sebelum berkomunikasi.

Marfo menyebut, ada banyak pekerjaan hebat bagi para introvert jika kekuatan mereka dipertimbangkan.

Pekerjaan yang melibatkan banyak tulisan, atau bahkan menyusun unggahan dan memonitor media sosial bisa menjadi sangat bagus untuk (para introvert). Mengingat waktu untuk membiarkan pikiran mereka berkembang secara organik, dan ruang untuk membagikannya tanpa gangguan, mereka dapat benar-benar bersinar," jelas Marfo.

Berikut ini 8 pekerjaan yang cocok untuk Anda si pendiam.

1. Penulis konten

Ilustrasi bekerja di kafejacoblund Ilustrasi bekerja di kafe

Menurut Alex Lancaster, seorang penulis konten (content writer) yang berdomisili di Santa Barbara, California, AS, pekerjaannya itu sangat pas untuk kepribadiannya yang pendiam. Ia memulai kariernya sebagai penulis lepas.

"Meskipun saya harus secara berkala mempresentasikan pekerjaan saya ke klien, (pekerjaan) harian saya memungkinkan saya bekerja sendiri dengan tenang. Dalam posisi saya saat ini, saya adalah penulis konten untuk sebuah perusahaan perangkat lunak," jelas Lancaster.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X