Rupiah Ditutup Menguat ke Rp 14.105 Per Dollar AS

Kompas.com - 04/12/2019, 17:53 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penutupan perdagangan di pasar spot hari ini, Rabu (4/12/2019), nilai tukar rupiah ditutup menguat.

Mengutip data Bloomberg, sore ini rupiah menguat ke level Rp 14.105 per dollar AS. Rupiah menguat 10 poin atau 0,07 persen dibanding pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya, yakni Rp 14.115 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut rupiah masih dipengaruhi oleh sentimen eksternal kesepakatan dagang AS dan China.

"Masih bergerak naik turun karena ekspektasi kesepakatan dagang. Setelah semalam Trump mengatakan kemungkinan kesepakatan bisa akan terjadi setelah pemilu 2020," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Dibuka Melemah, Rupiah Diproyeksikan Tertekan Sepanjang Hari Ini

Selanjutnya, Ariston menyebut para negosiator sore ini menunggu rencana kesepakatan China dan AS. Namun belum dipastikan apakah kesepakatan dagang akan tercapai.

Sementara menunggu kesepakatan dengan China, Presiden AS Donald Trump malah kembali menyulut masalah dengan negara Brazil dan Argentina terkait impor besi dan baja yang akan dinaikkan tarif impornya.

"Kesepakatan fase 1 sudah dekat dan para negosiator sedang bernegosiasi mengenai jumlah tarif yang akan dihilangkan. Berita ini menguatkan rupiah melewati Rp 14.100 per dollar AS," jelas Ariston.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X