CEO-CEO Dunia Ini Juga Diberhentikan dari Jabatan karena Ada Masalah

Kompas.com - 07/12/2019, 06:18 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia I Gustri Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dari jabatannya.

Sebab, Ari kedapatan menyelundupkan barang berupa motor klasik Harley Davidson keluaran 1972 di dalam pesawat baru Garuda Indonesia bertipe Airbus A330-900 Neo yang datang dari pabrikan Airbus di Perancis.

Penyelundupan yang dilakukan oleh petinggi BUMN itu membuat Erick berang. Ari dianggap menyalahgunakan jabatan demi kepentingan pribadi dan menghindari kepabeanan.

Padahal, sebagai dewan direksi di perusahaan pelat merah seharusnya Ari tahu hal itu melanggar hukum.

Apalagi impor barang bekas telah diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 76 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB).

Baca juga : Punya Kekayaan Rp 8,8 Triliun, CEO Apple Pilih Tetap Hidup Sederhana

Beleid tersebut menyatakan, dalam hal BMTB yang diimpor tidak sesuai dengan ketentuan peraturan, maka wajib ditarik kembali dari peredaran dan dimusnahkan oleh importir.

Biaya atas pelaksanaan penarikan kembali maupun pemusnahan ditanggung oleh importir.

Merujuk pada lampiran Permendag tersebut, kode HS untuk onderdil moge  yang didapati tersebut yaitu kode 87.11, tidak terdapat dalam daftar BMTB yang diizinkan untuk diimpor oleh pemerintah.

Bicara soal penyalahgunaan jabatan, terdapat beberapa CEO di dunia yang berakhir mundur karena penyalahgunaan jabatan serta konflik. CEO-CEO itu antara lain:

1. Steve Jobs

Siapa yang tak kenal dengan Steve Jobs? Ya, Steve Jobs adalah salah seorang pendiri Apple. Pria yang mendirikan Apple tahun 1976 itu pernah harus angkat kaki dari perusahaan karena terjadi perselisihan kepemimpinan. Steve Jobs dianggap terlalu ambisius memimpin perusahaan.

Pemecatannya sendiri berlangsung pada tahun 1985. Dalam pemberitaan Kompas.com 9 Oktober 2019, Steve Jobs merasa sangat hancur setelah dipecat dari Apple pada usia 30 tahun.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X