8 Bisnis Pertamina di Luar Migas, dari Minimarket sampai Jualan AC

Kompas.com - 13/12/2019, 18:36 WIB
SPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok. Kompas.com/Alsadad RudiSPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir tengah giat melakukan bersih-bersih di tubuh perusahaan negara. Hal yang jadi fokusnya sekarang ialah membenahi anak dan cucu milik perusahaan BUMN.

Erick mencontohkan, saat rapat bulanan dengan PT Pertamina (Persero), baru-baru ini dirinya terkejut menemukan fakta perusahaan migas itu memiliki 142 anak dan cucu perusahaan.

"Kemarin saya rapat dengan Pertamina, ternyata ada 142 perusahaan di Pertamina," ujar Erick Thohir ketika ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Jumat (14/12/2019).

Pertamina memiliki anak dan cucu perusahaan yang tidak berkaitan dengan lini bisnis utama, yakni eksplorasi, eksploitasi, dan distribusi minyak dan gas.

Sejak beberapa tahun belakangan, Pertamina sendiri aktif melakukan rebranding, dari dulu sebagai perusahaan migas menjadi perusahaan energi.

Baca juga: Ahok: Saya Yakin Bisa Membawa Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Kompas.com merangkum sejumlah bisnis anak usaha Pertamina yang berada di luar sektor energi, dari mulai rumah sakit, hotel, bandara, maskapai penerbangan, properti, asuransi, hingga minimarket.

Berikut daftar usaha Pertamina di luar bisnis utama yang dirangkum dari Annual Report Pertamina dan laman resmi anak-anak usaha milik Pertamina. 

1. Hotel

Pertamina memiliki bisnis hotel yang dikelola oleh PT Patra Jasa. Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5.

Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

2. Minimarket

Jaringan minimarket bernama Bright yang dikelola Pertamina sebenarnya merupakan usaha memaksimalkan ruang di SPBU-SPBU yang dikelola oleh PT Pertamina Retail.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X