Ikan Tuna Berhasil Dilelang di Harga Rp 24 Miliar

Kompas.com - 06/01/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi ikan tuna. hungryworksIlustrasi ikan tuna.

TOKYO, KOMPAS.com - Seekor ikan tuna laku dilelang dengan harga fantastis di Jepang, yakni seharga 193,2 juta yen atau setara Rp 24 Miliar dalam lelang pertama tahun baru di pasar ikan Toyosu Tokyo.

Dikutip dari Reuters Senin (06/01/2020), harga tersebut merupakan harga tertinggi kedua yang pernah tercatat.

Tuna tersebut ditangkap di Prefektur Aomori utara dengan 276 kilogram. Harga sekitar 700.000 yen per kilogram.

Baca juga: Diakui AS, Indonesia Kuasai Pasar Ikan Tuna Dunia

Penawar yang sukses mendapatkan ikan tersebut adalah Kiyoshi Kimura, kepala perusahaan yang menjalankan rantai restoran sushi "Sushizanmai".

Tahun lalu Kimura membayar rekor 333,6 juta yen untuk tuna yang di lelang, melebihi rekor harga sebelumnya pada 2013.

Data resmi Food and Agriculture Organization (FAO) melalui SOFIA pada 2016 menunjukkan bahwa terdapat 7,7 juta metrik ton tuna dan spesies seperti tuna ditangkap di seluruh dunia.

Di tahun yang sama, Indonesia memasok lebih dari 16 persen total produksi dunia dengan rata-rata produksi tuna, cakalang dan tongkol Indonesia mencapai lebih dari 1,2 juta ton pertahun. Sedangkan pada 2017, volume ekspor tuna Indonesia mencapai 198.131 ton dengan nilai 659,99 juta dollar AS.

Jika dihitung-hitung, satu dari enam ekor tuna yang ditangkap di dunia selama tiga tahun terakhir ini berasal dari Indonesia.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X