Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Perkasa Pasca Ketegangan AS dan Iran Mereda

Kompas.com - 07/01/2020, 17:27 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Selasa (7/1/2020) kembali mengalami penguatan signifikan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup Rp 13.878 per dollar AS, menguat signifikan 66 poin atau 0,47 persen dibanding penutupan pada Senin (6/1/2020) yakni Rp 13.944 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, saat ini ketegangan AS dan Iran sudah mereda dan fokus pasar lebih kepada kesepakatan dagang antar AS dan China yang akan ditandatangani pertengahan bulan ini.

"Perhatian pasar kembali positif kepada kesepakatan dagang AS dan China. Tiongkok mengabarkan akan mengirimkan delegasi untuk penandatangan kesepakatan fase 1 tanggal 15 Januari mendatang, ini akan membantu penguatan rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Bangkit, Rupiah Pagi Menguat ke Kisaran Rp 13.900 Per Dollar AS

Ariston menyebut ketegangan antara AS dan Iran mereda manakala Iran sejauh ini tak menunjukkan rencana membalas serangan AS.

"Meredanya ketegangan di Timur Tengah karena belum terlihat adanya serangan balasan dari Iran mendorong pasar kembali masuk ke aset berisiko termasuk rupiah," jelas Ariston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com