Manfaat BPJAMSOSTEK Disesuaikan, Beasiswa untuk Ahli Waris Naik 1.350 Persen

Kompas.com - 14/01/2020, 14:32 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah saat meresmikan gedung BLK komunitas di Ponpes Daarul Quran Surakarta di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (26/11/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMenteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah saat meresmikan gedung BLK komunitas di Ponpes Daarul Quran Surakarta di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (26/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menaikan sejumlah manfaat yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketengakerjaan ( BPJAMSOSTEK). Kenaikan manfaat ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 82 tahun 2019.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, salah satu bentuk manfaat yang dinaikan besaran beasiswa untuk anak peserta BPJAMSOSTEK.

Dalam aturan baru ini BPJAMSOSTEK akan memberikan beasiswa sebesar Rp 174 juta untuk dua anak peserta yang meninggal dunia. Besaran manfaat tersebut naik 1.350 persen dari sebelumnya sebesar Rp 12 juta untuk satu anak.

“Apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja, ahli waris mendapatkan beasiswa yang semula satu anak Rp 12 juta, menjadi dua anak total Rp 174 juta. Sehingga kenaikannya 1.350 persen,” ujar Ida di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Pasar Saham Tak Stabil, Hasil Investasi 2019 BPJAMSOSTEK Tak Capai Target

Bukan hanya itu, pemerintah juga menaikkan manfaat jaminan transportasi dan kematian sebesar 75 persen, dari Rp 24 juta menjadi Rp 42 juta.

Menurut Ida, kenaikan manfaat ini menjadi sangat spesial. Pasalnya kenaikan manfaat tidak dibarengi dengan kenaikan iuran.

“Kenaikan manfaat dari kedua program tersebut diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa ada kenaikan iuran,” kata Ida.

Mensos juga meminta agar seluruh perusahaan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJAMSOSTEK.

“Oleh karena itu, saya meminta agar perusahaan segera mendaftarkan pekerja sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan untuk seluruh program sesuai peraturan perundang-undangan,” ucapnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X