Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Berikut Ini 20 Lowongan Kerja yang Paling Dicari pada 2020

Kompas.com - 18/01/2020, 08:11 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform media sosial Linkedin menunjukkan ada beberapa lowongan kerja yang paling banyak dicari orang di seluruh dunia pada 2020.

Dikutip CNBC, Sabtu (18/1/2020), yang paling banyak dicari di seluruh dunia adalah blockhain, yang biasanya digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin.

Kemampuan untuk menyimpan, memvalidasi, mengotorisasi, dan memindahkan data di internet dengan blockchain, sekarang digunakan untuk menyimpan dan mengirim aset digital dengan aman.

Teknologi ini juga menyimpan catatan entri data permanen dan tidak dapat diedit.

Selain itu menurut Linkedin, Blockchain adalah prioritas utama bagi perusahaan di AS, Inggris, Prancis, Jerman, dan Australia. Meski begitu, ini pertama kalinya blockchain berhasil masuk ke peringkat 1 Linkedin dalam keterampilan yang dibutuhkan.

Direktur Pemasaran Linkedin, Namrata Murlidhar mengatakan, blockchain telah muncul karena kurensi kripto (cryptocurrency) saat ini menjadi solusi bisnis yang transformatif.

"Industri di luar sektor jasa keuangan semakin mencari bakat dengan pengalaman di blockchain, termasuk ritel, pengiriman, perawatan kesehatan, pertanian, dan permainan," ujar Murlidhar dikutip CNBC, Sabtu (18/1/2020).

Baca juga: Pemerintah Tolak Tawaran Ribuan Lowongan Kerja dari UEA, Apa Alasannya?

Adapun komputasi awan (cloud computing) berada di posisi kedua, yaitu teknologi yang memungkinkan data disimpan dan dikelola di internet. Orang yang bekerja di bidang ini akan mengembangkan arsitektur, desain, dan pengiriman sistem cloud.

Selanjutnya di tempat ketiga ada analitycal reasoning, yakni kemampuan untuk memahami data dan mengungkap wawasan yang dapat membantu keputusan bisnis.

Kemudian ada kecerdasan buatan (AI) di peringkat keempat yang paling diminati perusahaan. Selanjutnya keterampilan desain UX melengkapi posisi 5 besar.

Berikut ini 10 keterampilan paling laris di dunia pada 2020.

1. Blockchain

2. Komputasi awan (cloud computing).

3. Penalaran analitis (analytical reasoning)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com