Kepala BKPM Sebut Hyundai Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di Jabar

Kompas.com - 27/01/2020, 16:38 WIB
kepala bkpm Bahlil Lahadalia di kemenperin Rina Ayu Larasatikepala bkpm Bahlil Lahadalia di kemenperin

TANGERANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai tertarik membangun pabrik mobil listrik di Jawa Barat (Jabar).

Bahlil menyebut Hyundai sudah berkomitmen menyediakan modal senilai 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 28 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) dengan realisasi secara bertahap.

"Nantinya investasi akan masuk dalam dua tahap. Tahap pertama 1,5 miliar dolar AS untuk membangun pabrik," Ucap Bahlil di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Luhut Ingin Hyundai Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Karawang

Rencanya pabrik Hyundai tersebut akan mulai dibangun pada tahun ini dan produksi mobil listrik lokal akan mulai pada tahun 2021.

Sementara itu, President Director of Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha, juga menyambut baik kerja sama tersebut. Ia berkomitmen untuk bersama memajukan industri mobil listrik Indonesia.

"Hyundai akan membantu Indonesia untuk mencapai tujuannya menciptakan mobil listrik," kata Sung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui saat ini Hyundai telah merilis mobil listrik yaitu IONIQ EV melalui kerjasama dengan Grab Indonesia.

Mobil tersebut merupakan mobil listrik daring yang sudah siap beroperasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, mulai Senin (27/1/2020).

Baca juga: Pemerintah RI Keluarkan Travel Advice ke China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.