Hasil Kajian Pembentukan Holding BUMN Perhotelan Rampung Juni 2020

Kompas.com - 30/01/2020, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembentukan holding BUMN perhotelan tengah dalam tahap pengkajian. Rencananya, pengkajian tersebur baru bisa rampung pada Juni 2020.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said mengatakan, pihaknya bersama perusahaan BUMN lain yang memiliki bisnis hotel telah menunjuk sejumlah konsultan untuk melakukan pengkajian.

“Sampai Juni tahun ini selesai sudah kajiannya dan tinggal diputuskan oleh kementerian untuk kita bagaimana,” ujar Iswandi di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (29/1/2020).

Baca juga: Erick Thohir Bakal Lebur Bisnis Perhotelan BUMN, Apa Dampaknya?

Iswandi menjelaskan, konsultan hukum dan bisnis telah ditunjuk dalam rangka pembentukan holding BUMN perhotelan ini. Sebab, saat ini BUMN sendiri meliki 106 hotel.

“Nah itu dilihat karena masing-masing hotel itu punya strategi, punya juga eksisting kondisinya beda-beda, ada yang dia kelola sendiri, lalu dia buat perusahaan sendiri sebagai operatornya. Ada juga dia punya, tapi dikasikan ke operator asing,” kata Iswandi.

Menurut dia, perlu dicari skema yang tepat bagi hotel BUMN yang saat ini dikelola oleh operator asing. Sebab, hotel-hotel tersebut masih terikat kontrak kerja sama dan tak bisa asal digabungkan ke dalam holding.

“Kalau misalnya dia dikontrak dengan hotel luar negeri, kan harus dicek dulu kontraknya seperti apa, siapa tahu kontraknya 10 tahun, ada enggak peluang untuk terminasi,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.