Tak Hanya untuk Ibu, Finlandia Bakal Beri Cuti Melahirkan untuk Ayah

Kompas.com - 06/02/2020, 07:08 WIB
Finlandia. ShutterstockFinlandia.

NEW YORK, KOMPAS.com - Pemeirntah Finlandia baru saja mengumumkan bakal memberikan lama cuti melahirkan yang sama bagi laki-laki dan perempuan.

Selain itu, pemerintah setempat juga bakal meningkatkan besaran tunjangan keluarga dari yang sebelumnya 11,5 bulan gaji menjadi lebih dari 14 bulan gaji.

Dikutip dari CNBC, Kamis (6/2/2020), Pemerintah Finlandia yang baru ditunjuk pada Desember lalu mengatakan bahwa kedua orang tua, baik ayah maupun ibu, akan mendapatkan cuti melahirkan berbayar hingga 164 hari, atau 6,6 bulan.

Baca juga: Mengenal Aturan Cuti Haid bagi Pekerja Perempuan

Untuk perempuan hamil bakal mendapatkan satu bulan tambahan dari kuota tersebut dan orang tua tunggal bisa menggunakan total tunjangan yang ditawarkan kepada dua orang tua.

Selain itu, orang tua juga bisa menyimpan 69 hari dari hari cuti tersebut untuk digunakan belakangan.

Pemerintah Finlandia mengatakan, perubahan aturan tersebut bakal mulai berlaku paling cepat pada 2021 dan kebijakan tersebut saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Namun demikian, pemerintah belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai perpanjangan lama cuti tersebut bakal dibayar secara penuh.

Menteri Sosial dan Kesehatan Finlandia Aino Kaisa Pekonen mengatakan reformasi tersebut merupakan bentuk investasi untuk masa depan dan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi batu loncatan yang lebih baik dan meningkatkan kekuatan hubungan antara kedua orang tua dengan anaknya sejak masih bayi.

Namun demikian, Pekonen menyadari perubahan tersebut tidak akan menyelesaikan masalah sehari-hari keluarga dengan anak yang masih kecil. Sehingga dirinya pun menekankan perubahan tempat kerja yang lebih ramah keluarga juga menjadi penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X