Menteri Keuangan Era Soeharto JB Sumarlin Tutup Usia

Kompas.com - 06/02/2020, 16:26 WIB
Mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin Wikimedia.orgMantan Menteri Keuangan JB Sumarlin

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia perekonomian nasional tengah berduka.

Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Johannes Baptista Sumarlin, meninggal dunia hari ini, Kamis (6/2/2020).

Berdasarkan keterangan tertulis dari akun Twitter @KemenkeuRI, JB Sumarlin merupakan Menteri Keuangan era Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

"Selamat jalan Menteri Keuangan RI 1988-1993, JB Sumarlin. Terima kasih telah menjadi sosok panutan yang berperan besar bagi perbaikan perekonomian Indonesia," tulis Kemenkeu dalam keterangan tersebut.

Baca juga: Sri Mulyani: Mungkin Indonesia Butuh 540 Menteri Keuangan...

Dari informasi yang diterima Kompas.com, almarhum meninggal pada pukul 14.15 WIB di RS St Carolus, Jakarta. Rencananya, jenazah almarhum bakal dibawa ke Rumah Duka MRCC Siloam, Semanggi.

Lahir pada 7 Desember 1932 di Nglegok, Blitar, Sumarlin adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958.

Selain sebagai Menteri Keuangan, Sumarlin juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas) pada tahun 1983-1988, Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara (1973-1983), dan Kepala BP Batam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.