Impor Bawang Putih dari China Disetop, Inflasi Akan Melonjak?

Kompas.com - 07/02/2020, 22:00 WIB
Pekerja merapikan persediaan bawang putih di salah satu toko di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (5/2/2020). Kenaikan harga bawang putih terjadi karena pasokan bawang putih impor dari negara pemasoknya, China berkurang. KOMPAS.com/M ZAENUDDINPekerja merapikan persediaan bawang putih di salah satu toko di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (5/2/2020). Kenaikan harga bawang putih terjadi karena pasokan bawang putih impor dari negara pemasoknya, China berkurang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan, penghentian impor bawang putih dari China masih akan terus diamati.

Namun, BI menilai penghentian impor bawang tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap inflasi.

"Kebijakan impor khususnya impor komoditi dari China terus akan kami amati," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Pemerintah Hanya Larang Ekspor dan Impor Binatang Hidup dari China

Sementara itu, inflasi hingga minggu pertama Februari 2020 tercatat 0,23 persen secara bulanan. Adapun inflasi secara tahunan mencapai 2,94 persen. Angka inflasi tersebut meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,68 persen.

Adapun indikator penyebab inflasi masih didominasi komoditas harga pangan, yakni cabai, bawang, rokok dan minyak goreng. Kendati tetap terjaga, BI tetap memperkirakan inflasi hingga akhir tahun sebesar 3 plus minus 1 persen.

"Relatif beberapa indikator masih terjaga terutama harga-harga pangan," katanya.

Baca juga: Sri Mulyani ke Pengusaha: Gaji Saya Lebih Kecil dari Direktur Keuangan Bapak Ibu...

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan pasokan bawang putih aman, meski pemerintah berencana menutup sementara impor dari China.

Apalagi kata dia, Indonesa masih memiliki cadangan bawang putih.

"Cadangan untuk bawang putih panen lokal kami sudah siapkan. Insyaallah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan," ucap Syahrul usai meninjau harga bahan pangan di Pasar Senen, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Ini Penyebab Gaji Pensiunan PNS Februari 2020 Tak Bisa Cair

Seperti diketahui Indonesia banyak mengimpor bawang dari China. Pada tahun 2019, menurut data BPS, realisasi impor bawang putih sebesar 465,34 ribu ton atau senilai 529,97 juta dollar AS. Sebanyak 90 persen diantaranya berasal dari China.

Sementara, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan pemerintah menghentikan sementara impor produk makanan dan minuman dari China akibat wabah virus corona.

Agus pun menjelaskan langkah tersebut perlu dilakukan sesegera mungkin lantaran jumlah korban meninggal dan terinfeksi yang terus bertambah. Sementara belum ditemukan vaksin serta pola persebaran virus tersebut.

Baca juga: Gaji Pensiunan PNS Belum Cair, Lakukan Otentikasi Taspen



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X