Ini Sentimen yang Pengaruhi Pergerakan IHSG Hari Ini

Kompas.com - 26/03/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada perdagangan Bursa Efek Indonesia ( BEI) hari ini, Kamis (26/3/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melaju kencang.

Kepala riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, kenaikan IHSG akibat tajamnya penguatan Dow Jones Industrial Average (DJIA) sekitar 2.609 poin atau naik 14,03 persen selama dua hari kemarin.

“Ini diperkirakan menjadi faktor yang sangat kuat untuk IHSG menguat dalam perdagangan Kamis ini di tengah semakin terus bertambahnya jumlah korban tewas secara global akibat Covid-19,” ungkap Edwin.

Data per 26 Maret mencatat jumlah korban tewas akibat virus corona di dunia sudah mencapai 21.200 orang dan yang terjangkit mencapai 468.905 orang.

Penyebaran Covid-19 yang paling cepat dan mengerikan terjadi di Italia yang mana sudah menjangkiti sebanyak 74.386 orang dan telah menewaskan 7.503 orang.

Di sisi lain, kenaikan harga komoditas seperti minyak, nikel, timah, emas, batu bara, dan CPO juga menjadi sentimen pergerakan IHSG melaju positif hari ini.

“Naiknya harga komoditas seperti oil yang naik 3,15 persen, nikel naik 3,57 persen, timah naik 8,16 persen, emas naik 5,24 persen, coal naik 6,34 persen, dan CPO juga naik 7,43 persen juga berpotensi menjadi sentimen positif bagi penguatan IHSG Kamis ini,” tambahnya.

Sementara itu, kenaikan EIDO sebesar 10,81 persen dan menguatnya sebagian indeks bursa Asia pada pembukaan Kamis pagi berpotensi menjadi tambahan katalis bagi penguatan IHSG sepanjang hari ini.

“Jika investor ingin melakukan buy (beli) maka dapat fokus pada saham dari sektor logam, seperti emas, dari sektor farmasi, coal, CPO, pakan ternak ayam, dan telco,” ungkapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X