Kompas.com - 30/03/2020, 09:07 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia kembali merosot cukup dalam pada perdagangan Minggu (29/3/2020) waktu setempat.

Turunnya harga emas hitam ini terjadi di tengah perkiraan bahwa produksi minyak akan dihentikan akibat turunnya permintaan akibat pandemi virus corona.

Dikutip dari Financial Times, Senin (30/3/2020), harga  minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) turun 6 persen ke level 19,92 dollar AS per barrel.

Baca juga: Permintaan Merosot, Harga Minyak Dunia Anjlok 7,7 Persen

Sementara harga minyak mentah jenis Brent juga mengalami pelemahan sebesar 6 persen ke level 23,03 dollar AS per barrel, angka ini merupakan yang terendah sejak tahun 2002.

Sejak awal Maret 2020, harga minyak dunia sudah terkoreksi lebih dari 50 persen akibat melemahnya permintaan dari berbagai negara khususnya di Eropa dan Amerika Utara yang menerapkan kebijakan lockdown.

Bahkan, analis memproyeksikan konsumsi minyak anjlok hingga 25 persen akibat pandemi virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat bersamaan, pasar global justru dibanjiri oleh stok minyak dunia akibat adanya perang harga antara Arab Saudi dan Rusia.

Dengan adanya tensi antar kedua negara produsen tersebut, produksi minyak berpotensi mencapai 25 juta barel per hari.

Harga minyak diproyeksi akan terus melemah di bawah tekanan kedua sentimen tersebut. Namun, produksi minyak diprediksi akan terhenti akibat pelemahan harga yang terus terjadi.

Baca juga: Senat Setujui Paket Stimulus Trump, Harga Minyak Merangkak Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.