Akibat Corona, Dana Asing Rp 143 Triliun Kabur dari Indonesia

Kompas.com - 03/04/2020, 14:57 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang keluar (outflow) dari Januari hingga 2 April 2020, sebesar Rp 143,99 triliun.

Aliran modal asing yang keluar dari Indonesia masih terjadi di tengah tekanan wabah virus corona (Covid-19).

"Selama 2020 (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat net jual Rp 143,99 triliun," tulis BI melalui keterangan tertulis, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Dampak Corona, ADB Prediksi Inflasi dan Defisit Transaksi Berjalan RI Melebar

Sementara itu jika berdasarkan data 30 Maret–2 April 2020, investr asing justru masuk sebesar Rp 0,77 triliun.

Namun, berdasarkan data transaksi 30 Maret hingga 2 April 2020, investor mulai masuk ke pasar Indonesia untuk berinvestasi pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN). Tercatat aliran modal asing yang masuk di pasar SBN sebesar Rp 4,09 triliun.

Sementara untuk di pasar saham, investor masih memilih untuk melepas asetnya sebesar Rp 820 miliar (Rp 0,82 triliun). Dengan demikian, total modal asing yang masuk ke Indonesia hingga Kamis kemarin mencapai Rp 3,28 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Aliran modal asing nonresiden di pasar keuangan domestik net beli Rp 3,28 triliun dengan net beli di pasar SBN sebesar Rp 4,09 triliun, sementara net jual di pasar saham sebesar Rp 0,82 triliun," kata BI.

Selain itu, untuk Premi Currency Default Swap (CDS) untuk tenor 5 tahun melonjak ke 235,64 basis poin (bps) per 2 April 2020. Sebelumnya, pada 27 Maret lalu, premi CDS berada di 200,11 bps.

Hal ini menurut BI, dipicu oleh kekhawatiran investor mengenai isu resesi ekonomi global seiring berlanjutnya penyebaran kasus virus corona yang belum pulih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.