Kompas.com - 15/04/2020, 16:27 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah menguat terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot sore ini. 

Mengutip data Bloomberg Rabu (15/4/2020) rupiah ditutup pada level Rp 15.575 per dollar AS atau menguat 70 poin (0,45 persen) dibandingkan penutupan Selasa pada level Rp 15.645 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan kondisi pasar mulai stabil, yang tercermin dari data fundamental yang cukup bagus membuat rupiah menguat sore ini.

Sentimen positif juga datang dari kebijakan Bank Indonesia yang kemarin memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya di 4,5 persen, lending facility menjadi 5,25 persen dan deposit facility 3,75 persen.

Baca juga: Jeda Makan Siang, Rupiah Menguat tapi IHSG Bergerak Negatif

“Ini menandakan pasar kembali stabil dan optimis, sehingga arus modal asing kembali membanjiri pasar valas dan obligasi dalam negeri. Ini merupakan berkah tersendiri bagi rupiah yang berhasil menjadi mata uang nomor satu di Asia,” ungkap Ibrahim.

Keputusan Bank Indonesia juga mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas eksternal di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang saat ini masih relatif tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian BI tetap terus melihat adanya ruang penurunan suku bunga dengan rendahnya tekanan inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Siang ini Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data neraca perdagangan Indonesia (NPI) mencatat surplus di 740 juta dollar AS, atau lebih tinggi dibandingkan ekspektasi pasar sebesar 544 juta dollar AS pada Maret 2020.

Dalam rilisnya, BPS mencatat nilai ekspor Indonesia bulan lalu adalah 14,09 miliar dollar AS atau turun tipis 0,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara nilai impor tercatat 13,35 miliar dollar AS, turun 0,75 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

“Meski (ekspor) terkontraksi (tumbuh negatif), tetapi lebih landai dibandingkan ekspektasi pasar yaitu turun 6,5 persen. Impor juga lebih landai ketimbang konsensus pasar yang memperkirakan penurunan 8,24 persen,” jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.