Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Permintaan Tertulis Berhenti, KRL Tujuan Bodebek Tetap Beroperasi

Kompas.com - 15/04/2020, 16:06 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta dan PT KCI memastikan kereta rel listrik (KRL) masih beroperasi.

Padahal, kepala daerah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) telah sepakat untuk mengusulkan penghentian operasional KRL selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan.

VP Corporate Communication KCI Anne Purba mengatakan, KRL dari dan tujuan Bodebek masih beroperasi.

Baca juga: Luhut Masih Mengkaji Penghentian Operasional KRL

Terkait dengan penerapan PSBB yang mulai berlaku hari ini, Rabu (15/4/2020), KCI telah melakukan penyesuaian jadwal operasional KRL.

"(KRL) masih jalan, jika ada perubahan akan di-update," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu.

Sementara itu, Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa memastikan, pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah terkait operasional KRL.

Namun, sampai saat ini belum ada aturan tertulis dari pemerintah provinsi yang menghentikan operasional kereta api selama pelaksanaan PSBBB.

"Sekarang kan baru pembicaraan lisan. Nanti kalau sudah keluar SK dari Gubernur terkait PSBB, ada poin seluruh transportasi kereta api dihentikan, pasti kita akan ikuti," tuturnya.

Baca juga: Izinkan Industri Beroperasi Saat PSBB, Menperin: Kami Sudah Koordinasi dengan Gubernur DKI...

Lebih lanjut, Eva menegaskan, sampai saat ini pihaknya sudah mengikuti aturan pemerintah provinsi terkait pembatasan operasional transportasi umum.

"Tolong diperhatikan juga bahwa untuk saat ini meski masih beroperasi namun physical distancing juga tetap konsisten dilakukan," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Budi Rahardjo mengatakan, operasional KRL akan normal setidaknya hingga 17 April 2020.

Pihaknya belum membuat keputusan soal permohonan penghentian sementara operasional KRL selama PSBB di Bodebek yang telah diajukan para kepala daerah di wilayah itu.

"Belum ada keputusan. Namun, sampai tanggal 17 (April) dipastikan KRL masih beroperasi," kata Budi Rahardjo, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: KRL Diusulkan Berhenti Operasi, Ini Jawaban PT KCI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com