Air Asia Siap Kembali Beroperasi, Mulai Kapan?

Kompas.com - 18/04/2020, 12:52 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/ZHOU EKAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Group menyatakan siap kembali mengoperasikan penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara.

Misalnya, di Malaysia, Air Asia Group berencana kembali beroperasi pada 29 April 2020, di Thailand 1 Mei 2020, Filipina 1 Mei 2020, India 4 Mei 2020, dan Indonesia 7 Mei 2020.

Namun, operasional ini tergantung dari persetujuan otoritas setempat.

Baca juga: Bos AirAsia Tak Terima Bayaran, Gaji Karyawan Dipangkas hingga 75 Persen

Pada awal pengoperasian kembali, penerbangan Air Asia Group akan dilakukan secar terbatas untuk rute domestik tertentu.

Setelah itu secara bertahap beroperasi di rute lainnya termasuk penerbangan internasional jika situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan telah dicabut.

“Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin,” ujar President (Airlines) AirAsia Group, Bo Lingam dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/4/2020).

Menurut Lingam, nantinya akan dilakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara selama masa pagebluk virus corona atau Covid-19.

Pihaknya akan bekerja sama dengan otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan.

Baca juga: AirAsia Jalankan Penerbangan Charter selama Wabah Corona

“Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama,” kata dia.

Para penumpang disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum, antara lain menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan diri selama penerbangan.

Semua pesawat telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Sebelumnya, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan mulai 1 April 2020.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X