KILAS

Kisah Ucu, Gadis Bandung yang Sukses Lewat Kerupuk Kulit

Kompas.com - 14/05/2020, 16:06 WIB
Bisnis Dorodokcu milik Ulfah Nurfebrianti DOK. PRIBADI/GRABBisnis Dorodokcu milik Ulfah Nurfebrianti
|

KOMPAS.com – Ulfah Nurfebrianti tak menyangka usaha camilan tradisional Dorokdok miliknya bisa sukses di pasaran. Bahkan, bisnis yang ia beri nama Dorokdokcu ini ternyata mampu membuka pintu rezeki bagi banyak orang.

Sebenarnya, usaha gadis asli Bandung tersebut bermula dari ketidaksengajaan. Waktu itu, tepatnya Mei 2019, saat Ucu sedang jalan-jalan, ia mengunggah Instagram Story soal Dorokdok.

Adapun Dorokdok adalah kerupuk kulit khas Jawa Barat. Dinamakan demikian karena camilan ini memiliki tekstur yang renyah saat digigit. Sementara itu, Dorokdokcu merupakan gabungan dari Dorokdok dan nama panggilan sang pemilik, Ucu.

Unggahan Ucu soal Dorokdok yang dibungkus plastik sebesar guling tadi ternyata mendapat respons positif dari teman-temannya. Mereka meminta Ucu mengirimkan kudapan itu ke rumah mereka dan ini berlanjut hingga beberapa waktu kemudian.

Melihat hal tersebut, Ucu lantas menjadikan Dorokdok sebagai peluang usaha. Bermodalkan uang pinjaman dari orang tua, gadis asli Bandung itu memulai bisnisnya.

“Modal awal jualan itu Rp 1,5 juta. Dulu aku pinjam ke orangtua. Dulu, siang-siang aku bilang, ‘Mah, pinjem uang ya, sore ini aku balikin,” kata Ucu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/5/2020).

Uang pinjaman tersebut lantas Ucu belikan 15 bungkus Dorokdok. Kemudian, untuk menarik pembeli, ia mengunggah dua foto ke Instagram dan membuka sistem open order.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Ternyata, peminat Dorokdok melebihi dari yang Ucu perkirakan. “Akhirnya, dari 15 bungkus yang dijual, yang minat ada 32,” katanya.

Lantaran laris manis, uang yang Ucu pinjam dari sang ibu bisa ia kembalikan hari itu juga. Laba yang didapat dari penjualan pertama ia putar kembali untuk modal selanjutnya.

Singkat cerita, bisnis Dorokdokcu melesat hingga mampu menjual hingga 4.500 bungkus kerupuk kulit per harinya.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X