Pandemi Covid-19, Konsumsi Listrik Rumah Tangga di Babel Naik 10,79 Persen

Kompas.com - 21/05/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi Listrik ShutterstockIlustrasi Listrik

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Konsumsi listrik pelanggan rumah tangga di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencapai 61 juta kWh pada April 2020, atau naik 10,79 persen dibandingkan April 2019.

General Manager PLN UIW Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Mukhlis mengatakan, kenaikan konsumsi listrik disebabkan banyak masyarakat melakukan aktivitas di rumah selama pandemi Covid-19.

Kenaikan konsumsi listrik juga terjadi di segmen industri sebesar 6,99 persen pada April 2020. Meskipun begitu, pertumbuhan ini masih lebih rendah dari April tahun sebelumnya yang mencapai 33,86 persen.

Baca juga: Dapat Peringatan dari Kemenhub, Ini Respons AP II

"Untuk pelanggan di sektor bisnis, segmen ini turun 9,10 persen dibanding April tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan banyaknya toko, rumah makan, hotel yang tutup selama pendemi covid-19," kata Abdul Mukhlis, Rabu (20/5/2020).

Sedangkan sektor yang mengalami penurunan pertumbuhan konsumsi listrik secara signifikan adalah kelompok pelanggan layanan khusus, yaitu turun sebesar 70,56 persen.

Hal ini disebabkan karena selama pandemi, tidak ada akitivitas meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Mukhlis memastikan, PLN terus mengupayakan keandalan pasokan listrik. Saat ini suplai listrik di sistem Bangka sebesar 186 MW, dengan demand sebesar 152 MW.

Baca juga: Listrik Pelanggan 450 VA Gratis Selama 6 Bulan, Setara Rp 216.000

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X